Layanan Catering Aqiqah Jogja Terbaik yang direkomendasikan warga DIY

Jumat, 23 Maret 2018

Keutamaan Aqiqah dalam Islam

Keutamaan Aqiqah dalam Islam





Aqiqah adalah tradisi dalam Islam yang patut dilestarikan dengan hal-hal yang patut sesuai tuntunan syariat Islam. Melaksanakan aqiqah akan mendapakan banyak pahala jika diniati dengan niat yang benar sebab ada beberapa keutamaan aqiqah dalam Islam.

Keutamaan aqiqah dalam Islam ini akan memberikan manfaat yang luar biasa bagi seluruh umat muslim yang beriman kepada Allah SWT. Apa sajakah keutamaan aqiqah yang ada?

Pengertian Aqiqah 

Pengertian aqiqah ditinjau dari syara’ Islam adalah menyembelih hewan. Penyembelihan hewan ini adalah sebagai bentuk rasa syukur umat Islam terhadap Allah SWT atas bayi yang dilahirkan.
Adapun hukum melakukan aqiqah menurut pendapat ulama’ adalah sunah muakkadah. Berdasarkan sunnah Nabi Muhammad SAW, syari’at yang berlaku dalam Islam adalah jika bayi yang lahir berupa laki-laki maka aqiqahnya adalah dua ekor kambing.

Adapun jika bayi yang lahir adalah  perempuan, maka yang disembelikan adalah satu ekor kambing. Sebagaimana yang telah disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW :
Dari Aisyah, ia berkata, “Rasulullah telah menyuruh kita agar menyembelihaqiqah untuk seorang anak laki-laki adalah dua ekor kambing dan untuk seorang anak perempuan adalah satu ekor kambing”

Hukum Pelaksanaan Aqiqah
Pengertian aqiqah  bila dilihat maknanya secara syara’artinya adalah hewan yang disembelih untuk menebus anak yang dilahirkan. Hewan yang disembelih bisa berupa kambing, domba atau biri-biri.
Adapun pelaksanaan aqiqah sendiri dilakukan sekali dalam seumur hidup. Sementara hukum untuk melaksanakan aqiqah adalah sunnah muakad. Sebagaimana hadist Nabi Muhammad SAW yang menjelaskan tentang aqiqah bagi anak yang baru lahir :

“Setiap bayi yang lahir tergadai dengan aqiqahnya, disembelihkanlah kambing untuknya pada hari ke tujuh ia lahir, dicukur dan diberilah ia nama”

Hadits di atas menunjukkan bahwa waktu penyembelihan aqiqah adalah pada hari ketujuh. Namun jika pada hari ketujuh dari kelahiran bayi tersebut luput maka aqiqah bisa dilaksanakan pada hari keempat belas hingga dua puluh satu.


Lalu apa saja keutamaan aqiqah?

1. Mendapatkan Pahala
Melaksanakan aqiqah juga akan mendapatkan pahala karena melaksanakan sunnah Rosul SAW. Melaksanakan sunnah Nabi sama halnya membuktikan jika seorang hamba mencintai Nabinya dan mencintai Islam pula. 

2. Menghilangkan Kotoran dan Penyakit
Melaksanakan aqiqah juga bisa menghilangkan kotoran dan penyakit yang ada pada sang anak sejak lahir. Sebab dalam prosesi aqiqah juga disertai dengan mencukur rambut bayi dengan niat menghilangkan kotoran dan penyakit yang ada.

3. Meningkatkan Ibadah
Aqiqah juga bisa meningkatkan rasa cinta seorang hamba dalam beribadah kepada Allah. Di dalam walimatul aqiqah, disertai dengan prosesi khataman al quran 30 juz, atau pembacaan yasin dan tahlil, maupun doa-doa dan lain sebagainya.
Pembacaan ayat suci tersebutlah yang membuat pelaksana walimatu aqiqah menjadi lebih barokah dan bisa untuk meningkatkan rasa cinta ibadah seorang muslim. 

4. Menjaga Tradisi Umat Islam
Aqiqah memiliki fadhilah sebagai upaya untuk melestarikan ajaran Islam atau menjaga tradisi Islam. Di mana aqiqah sendiri menggantikan kebiasaan kaum jahiliyah pada zaman dahulu yang ketika sang anak lahir dilumuri darah kambing.
 
5. Mendoakan Sang Bayi
Mendoakan sang bayi pada walimatul aqiqah disertai dengan doa-doa yang dipanjatkan dan diamini oleh banyak orang yang hadir dalam walimatul aqiqah akan menambah qabulnya hajat pelaksana aqiqah.

6. Meningkatkan Rasa Sosial
Aqiqah juga memiliki hikmah untuk meningkatkan rasa cinta sosial terhadap sesama muslim.

Nah, agar dapat merasakan keutamaan beraqiqah pun bapak dan ibu bukan lagi menjadi hal yang rumit. Cukup dengan menggunakan jasa catering Aqiqah Al-kautsar selain profesional, terpercaya dengan olahan yang lezat. Aqiqah Al-kautsar merupakan yang terdepan dalam melaksanakan aqiqah.

Semoga bermanfaat.

Bagi anda yang berencana untuk menunaikan ibadah aqiqah dapat mempercayakannya kepada kami, Aqiqah Al Kautsar. Aqiqah Jogja Profesional dengan Paket Kambing Aqiqah Syar’i, Sehat, Murah, dan Berkualitas

Keterangan lebih jelas untuk harga terbaru klik di sini.

Bagi anda yang berencana untuk menunaikan ibadah aqiqah dapat mempercayakannya kepada kami, Aqiqah Al Kautsar. Aqiqah Jogja Profesional dengan Paket Kambing Aqiqah Syar’i, Sehat, Murah, dan Berkualitas

Keterangan lebih jelas untuk harga terbaru klik di sini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Keutamaan Aqiqah dalam Islam

Lokasi Al-Kautsar Jogja