Layanan Catering Aqiqah Jogja Terbaik yang direkomendasikan warga DIY

Minggu, 25 Maret 2018

Syarat Kambing untuk Aqiqah






Aqiqah adalah menyembelih hewan berupa kambing atau domba sebagai bentuk rasa syukur orang tua atas kelahiran anaknya. Lalu apa jadinya jika yang disembelih tidak sesuai dengan syarat kambing untuk aqiqah sebagaimana yang telah ditentukan oleh agama Islam?

Membeli kambing untuk kebutuhan aqiqah haruslah benar-benar disesuaikan dengan syarat-syarat yang telah ditetapkan dalam agama Islam. Seperti apakah syarat kambing untuk aqiqah itu sendiri?

Dalil tentang Ketentuan Syarat Aqiqah
Dalil yang menjelaskan tentang ketentuan jumlah kambing yang disembelih untuk aqiqah adalah sebagaimana yang dijelaskan dalam hadits di bawah ini.

عَنْ يُوْسُفَ بْنِ مَاهَكٍ اَنَّهُمْ دَخَلُوْا عَلَى حَفْصَةَ بِنْتِ عَبْدِ الرَّحْمنِ فَسَأَلُوْهَا عَنِ اْلعَقِيْقَةِ، فَاَخْبَرَتْهُمْ اَنَّ عَائِشَةَ اَخْبَرَتْهَا اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ ص اَمَرَهُمْ عَنِ اْلغُلاَمِ شَاتَانِ مُكَافِئَتَانِ وَ عَنِ اْلجَارِيَةِ شَاةٌ. الترمذي

Dari Yusuf bin Mahak, bahwasannya orang-orang datang kepada Hafshah binti ‘Abdur Rahman, mereka menanyakan kepada Hafshah tentang 'aqiqah. Maka Hafshahpun memberitahu kepada mereka bahwasanya 'Aisyah memberitahu kepadanya.

Bahwasannya Rasulullah SAW telah memerintahkan kepada para sahabat agar menyembelih 'aqiqah bagi bayi laki-laki sebanyak 2 ekor kambing yang sebanding dan untuk bayi perempuan 1 ekor kambing. [Hadits Riwayat Tirmidzi juz 3, hal. 35, no. 1549].

Selain itu terdapat pula hadits yang diriwayatkan oleh Abu Daud yang juga menuliskan tentang ketentuan kambing yang harus disembelih saat aqiqah. Rasulullah memerintahkan untuk menyembelih satu ekor kambing untuk anak perempuan dan 2 ekor untuk anak laki-laki.

أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم أَمْرَهُمْ أَنْ يُعَقَّ عَنْ اَلْغُلَامِ شَاتَانِ مُكَافِئَتَانِ, وَعَنْ اَلْجَارِيَةِ شَاةٌ

Artinya Rasulullah SAW telah memerintahkan kepada umat muslim agar beraqiqah dengan dua ekor kambing yang sepadan baik dari segi umur dan juga besarnya untuk bayi laki-laki dan seekor kambing untuk bayi perempuan. [Hadits riwayat Abu Daud]

Syarat Kambing Aqiqah
Sebagaimana yang telah diriwayatkan dari Jabir Radhiyallahu ta`ala ‘anhu, Rasulullah SAW bersabda, “Janganlah dari kalian menyembelih hewan kecuali hewan yang ingin kalian sembelih  tersebut sudah memenuhi umur. Kecuali  seandainya kalian kesulitan maka sembelihlah dari domba.”(Hadits Riwayat Jabir R.A.)


Lalu hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari Muslim 
“Ada 4 macam binatang yang tidak sah dijadikan qurban : 1. Cacat matanya, 2. sakit, 3. pincang dan 4. kurus yang tidak berlemak lagi “ (Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim).

Seperti yang telah dijelaskan oleh kedua hadis di atas, maka syarat kambing yang harus diaqiqahkan adalah :

1. Kambing Harus Cukup Umur
Cukup umur adalah kambing harus berusia minimal enam bulan. Namun lebih baik lagi jika kambing sudah melewati satu tahun.

2. Kambing Sehat
Kambing yang sehat adalah kambing yang tidak buta kedua matanya atau buta sebelah. Demikian pula ekornya, ekornya haruslah tidak terpotong dan juga telinganya, tidak boleh terpotong baik keduanya ata hanya sebelah. Perhatikan pula dari sisi fisik kambing, apakah kambing  sedang dalam keadaan sakit atau tidak?

3. Kambing Tidak Cacat
Sebenarnya bukan kambing cacat yang tidak diperbolehkan, tetapi apabila kambing mempunyai tanduk yang sudah  patah. Lalu gigi lepas dalam masa pergantian serta bulu-bulu yang rontok.

Kambing dalam keadaan sakit ringan atau bahkan sedang dalam keadaan sakit yang berat dan cenderung membahayakan kehidupan kambing untuk aqiqah, maka tidak sah hukumnya.

Tak jarang bagi orang yang kurang  berpengalaman seringkali kurang teliti atau tertipu dalam mengenali jenis kambing yang sesuai dengan syarat untuk disembelih.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka serahkan pada ahlinya. Aqiqah Al-Kautsar selain harga kambingnya murah, Al-Kautsar telah berpengalaman dalam seluk beluk pemilihan domba terbaik dan pengerjaannya pun profesional dan terjamin kualitasnya.
Semoga dengan ulasan-ulasan mengenai syarat kambing di atas bisa bermanfaat. Aamiin.

Bagi anda yang berencana untuk menunaikan ibadah aqiqah dapat mempercayakannya kepada kami, Aqiqah Al Kautsar. Aqiqah Jogja Profesional dengan Paket Kambing Aqiqah Syar’i, Sehat, Murah, dan Berkualitas

Keterangan lebih jelas untuk harga terbaru klik di sini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Syarat Kambing untuk Aqiqah

Lokasi Al-Kautsar Jogja