Layanan Catering Aqiqah Jogja Terbaik yang direkomendasikan warga DIY

Senin, 02 April 2018

Jual Kambing Domba Jogja Berkualitas


Jual Kambing Domba Jogja Berkualitas



Ketika Idul Adha tiba, pasti banyak orang yang berjualan kambing di mana saja. Namun yang namanya kelahiran seorang bayi di dunia tidak bisa diperkirakan waktunya harus kapan dan orang yang berjualan kambing pun tidak semeriah saat Idul Adha. Nah, bagi Anda yang bingung di mana tempat menjual kambing, kami adalah solusinya.

Anda tidak perlu khawatir tidak bisa menemukan pedagang yang menjual kambing. Sebab laman kami akan melayani kebutuhan utama aqiqah Anda dengan sebaik mungkin. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau dan sesuai di kantong Anda.

Tapi sebelum membeli kambing untuk melaksanakan acara aqiqah anak Anda, ada baiknya jika Anda mengetahui hukum mengenai kambing aqiqah dan syarat kambing yang menjadi aqiqah. Apa saja syarat-syaratnya?


Hukum Mengenai Kambing Aqiqah
Ada beberapa ulama yang berbeda pendapat dalam menentukan persyaratan kambing aqiqah, terutama dalam menentukan aspek usia kambing. Ada ulama yang berpendapat harus 2  tahun, ada pula yang berpendapat 1 tahun untuk domba.

Namun yang jelas, kambing yang disembelih haruslah sehat, tidak boleh cacat atau tidak buta, tidak hilang sebagian tanduk atau kupingnya, tidak ompong semua gigi depannya.

Lalu adapula sebagian ulama yang membolehkan aqiqah dengan kambing apa saja mengingat tidak ada dalil khusus yang berkaitan dengan syarat untuk kambing aqiqah. Adapun persyaratan kambing di atas merupakan kiasan dari persyaratan kambing qurban.

Sementara itu menurut para ulama, diperbolehkan untuk menyembelih aqiqah dengan kambing betina. Hal ini dikarenakan dalam persayaratan kambing untuk aqiqah tidak ditentukan satupun keterangan yang melarang untuk menggunakan kambing betina.


Syarat Hewan Aqiqah
Syarat hewan yang diperlukan untuk aqiqah adalah jenis hewan berupa kambing atau domba. Untuk jenis kelamin baik jantan atau betina tidak menjadi masalah asal sehat, tidak cacat dan sudah dewasa.
Sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW saat beliau melaksanakan aqiqah. Di mana ketika Rasulullah melaksanakan aqiqah, kambing yang disembelih adalah kambing jantan yang sehat dan tidak cacat.
Nabi  Muhammad SAW pun bersabda sebagaimana yang diriwayatkan oleh Ashhabus Sunan yang artinya seperti di bawah ini :

Untuk anak lai-laki sembelihlah dua eko rkambing, dan untuk anak perempuan satu ekor kambing, dan tidak akan memudharati kalian apakah kambing-kambing tersebut jantan ataukah betina.”
(Hadits Riwayat Ashhabus Sunan, dan dishahihkan Syeikh Al-Albany).

Jenis dan Syarat Hewan yang Diaiqahkan
1.    Tipe hewan yang dibolehkan untuk disembelih saat aqiqah adalah dari jenis hewan mamalia kecil seperti kambing, domba ataupun biri-biri.
2.   Kategori jenis kelamin kambing untuk aqiqah boleh berjenis kelamin jantan ataupun betina. Baik kambing betina ataupun jantan keduanya adalh sama saja dan tidak ada masalah. Hal ini sebagaimana disabdakan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dari jalan Ummu Kurz, “….tidak mudharat bagi kamu apakah kambing jantan ataupun kambing betina…”
3.   Usia untuk domba atau biri-biri cukup satu tahun atau kurang sedikit. Sementara untuk kambing usianya cukup dua tahun dan masuk tahun ketiga;
4.     Hewan yang diaqiqahkan haruslah yang sehat dan bagus, jangan hewan yang cacat dan sakit.

Nah, berdasarakan jenis dan juga syarat-syarat hewan yang telah ditentukan dalam Islam, maka seorang muslim tidak boleh asal sembelih kambing. Kambing yang disembelih untuk aqiqah haruslah benar-benar memenuhi syarat.

Adapun kambing yang kami jual, sesuai dengan syarat-syarat yang dijelaskan di atas. Kami benar-benar menjual kambing aqiqah dengan syarat yang telah ditentukan dalam syariat Islam. 

 Bagi anda yang berencana untuk menunaikan ibadah aqiqah dapat mempercayakannya kepada kami, Aqiqah Al Kautsar. Aqiqah Jogja Profesional dengan Paket Kambing Aqiqah Syar’i, Sehat, Murah, dan Berkualitas


Keterangan lebih jelas untuk harga terbaru klik di sini.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Jual Kambing Domba Jogja Berkualitas

Lokasi Al-Kautsar Jogja